Sabtu, 24 September 2011


Ras manusia dan Ciri - Cirinya
                                                                

Ras Manusia merupakan karakteristik luar yang diturunkan secara genetik dan membedakan satu kelompok dari kelompok lainnya.

Secara tradisional oleh para pakar dibedakan ada tiga ras utama yaitu:
  • Ras Kulit Hitam
  • Ras Kulit Putih
  • Ras Kulit Kuning

Namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata ras manusia pembagian bisa lebih rinci lagi menjadi:
  • Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara "Asli", orang Papua, dan orang Australia)
  • Ras Negroid (Kulit Hitam)
  • Ras Kaukasoid (Kulit Putih)
  • Ras Mongoloid (Kulit Kuning)

Satu hal yang sama pada umat manusia adalah kesamaan selnya; yang berbeda dengan sel binatang.Ras adalah pengelompokkan manusia berdasarkan ciri-ciri luar atau fisiknya saja seperti warna kulit, rambut, bentuk hidung, kepala, postur tubuh serta susunan giginya.

a. Ras Australoid





Ras Australoid adalah nama ras manusia yang mendiami bagian selatan India, Srilanka, beberapa kelompok di Asia Tenggara, Papua, Kepulauan Melanesia dan Australia. Untuk kelompok di Asia Tenggara, orang asli di Malaysia dan orang Negrito di Filipina termasuk ras ini. Sebelum Ras Mongoloid tiba di Nusantara, Ras Australoid merupakan ras dominan yang tersebar diseluruh pulau, samapi terdesak ke bagian timur Nusantara.

Ciri khas utama ras ini ialah bahwa mereka berambut keriting hitam dan berkulit hitam. Namun beberapa anggota ras ini di Australia berambut pirang dan rambutnya tidaklah keriting melainkan lurus. Selain itu beberapa orang asli di Malaysia kulitnya juga tidak selalu hitam dan bahkan menjurus putih.


b. Ras Kaukasoid


Ras Kaukasoid adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara. Keturunan mereka juga menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru.
Ciri-ciri ras kaukasoid :
 -    hidung mancung
 -    kulit putih
 -    rambut pirang sampai coklat kepirang kehitaman
 -    kelopak mata lurus
Anggota ras Kaukasoid biasa disebut “berkulit putih”, namun ini tidak selalu benar. Oleh beberapa pakar misalkan orang Ethiopia dan orang Somalia dianggap termasuk ras Kaukasoid, meski mereka berambut keriting dan berkulit hitam, mirip dengan anggota ras Negroid. Namun mereka tengkoraknya lebih mirip tengkorak anggota ras Kaukasoid.

c. Ras Mongoloid



Ras Mongoloid adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, Madagaskar di lepas pantai timur Afrika, beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oseania. Anggota ras Mongoloid biasa disebut “berkulit kuning”, namun ini tidak selalu benar. Misalkan orang Indian di Amerika dianggap berkulit merah dan orang Asia Tenggara seringkali berkulit coklat muda sampai coklat gelap.
Ciri-ciri ras Mongoloid :
 -    kulit kuning sampai sawo mateng
 -    rambut lurus
 -    bulu badan sedikit
 -    mata sipit (Asia Mongoloid)
 -    ras ini juga lebih kecil dan pendek dari pada Kaukasoid

d. Ras Negroid



Ras Negroid adalah ras manusia yang terutama mendiami benua Afrika di sebelah selatan gurun sahara. Keturunan mereka banyak mendiami Amerika Utara, Amerika Selatan dan juga Eropa serta Timur Tengah.
Ciri-ciri ras Negroid :
 -    rambut keriting
 -    kulit hitam
 -    bibir tebal
 -    kelopak mata lurus











5 komentar:

  1. thx banget dah artikelnya
    membantu banget dalam keadaan genting
    by :vatel-sama

    BalasHapus
  2. gak masalah itu memang aku pos buat bantu...kok

    BalasHapus
  3. SSIPPP...
    ARTIKEL INI SANGAT MEMBANTU,
    MATURNUWUUUNN,
    :)

    BalasHapus